Selasa, 07 Februari 2017

10 Fakta Tentang Pesawat Tercanggih SR-71 Blackbird


Image result for sr17 blackbird       Ini salah satu pesawat paling populer dan dikenali oleh dunia yang pernah digunakan oleh Angkatan Udara AS, dan tentunya sangat canggih, meskipun popularitasnya, Pesawat siluman SR-71 Blackbird dioperasikan dan terbang di bawah radar, atau bahkan lebih tepatnya di atas itu.
Pesawat siluman SR-71 Blackbird telah melayani Angkatan Udara AS sejak 1964-1998, Pesawat siluman SR-71 Blackbird benar-benar pesawat masa depan. Pesawat tercanggih SR-71 Blackbird memegang sehingga rekor untuk pesawat dengan kecepatan dan ketinggian melebihi pesawat lainnya.  Penerbangan pertama dari pesawat tercanggih ini di mulai tanggal 22 Desember 1964, pesawat SR-71 yang menjadi salah satu bagian paling penting dari peralatan militer Amerika Serikat yang telah dimilikinya, dan untuk masa tahun 30 berikutnya untuk misi intelijen yang tak terhitung jumlahnya dengan tingkat yang luar biasa dan sukses.
Pesawat SR-71 merupakan pesawat masa depan adalah salah satu keajaiban yang ada di dunia. Reputasinya sebagai salah satu pesawat paling canggih yang pernah dibangun. Di atas semua prestasi luar biasa yang ada namun, ada 10 fakta dari pesawat Lockheed Sr-71 “Blackbird” yang mungkin belum anda ketahui. 
 
10. Pesawat Yang Sangat Sulit Ditembak
 
Selama SR-71 tiga setengah dekade dalam pelayanan, lebih dari 1.000 rudal ditembakan. Blackbird memiliki metode yang sangat sederhana untuk menghindari rudal anti-pesawat musuh dengan berlari lebih cepat dari mereka. Ini adalah satu-satunya pesawat yang mampu beroperasi dengan kecepatan tinggi dan mampu mencapai keseluruh negara dalam hitungan menit.
 
Dari 32 pesawat yang dibangun, 12 dari mereka hancur, tetapi tidak oleh tembakan musuh. Sayangnya, salah satu pilot tewas dalam kecelakaan yang melibatkan SR-71, tapi seperti track record masih luar biasa untuk pesawat yang melakukan perjalanan di kecepatan 3 mach dan terbang pada ketinggian lebih dari 80.000 kaki.
 
9. Apakah Persyaratan Khusus untuk Seorang Pilot
 
Butuh orang dengan kemampuan khusus untuk menjadi pilot dari pesawat SR-71. Dalam rangka untuk menerbangkan pesawat itu dibutuhkan pilot dengan kriteria pribadi tertentu yang harus dipenuhi. Pilot dari pesawat masa depan AS dibutuhkan untuk menikah, antara usia 25 dan 40 dan harus menjalani evaluasi untuk menentukan bahwa mereka “stabil secara mental.”
 
Bekerja pada pesawat dengan mesin canggih dibutuhkan perhatian khusus yang ekstrim terhadap detail serta fokus tertinggi. Sedikit pun tidak boleh ada kesalahan karena bisa menyebabkan malapetaka untuk pilot serta orang lain yang terlibat dalam operasi pesawat. Oleh karena itu Angkatan Udara AS hanya mengizinkan mereka yang telah membuktikan dirinya untuk menjadi layak untuk bekerja pada Blackbird.
 
8. Pakaian Pilot Yang Nyaman
Karena SR-71 itu mampu terbang pada ketinggian yang ekstrim maka pilot harus dilindungi dari kondisi ekstrim. Pakaian/kostum pilot harus memilki tingkat keamanan dan kenyaman dengan sistem oksigen terbaik karena saat terbang pada ketinggian 80.000 kaki pilot akan mati lemas.
 
Kabin harus dilengkapi dengan sistem pendingin dengan kinerja tinggi karena pesawat akan sangat panas ketika terbang lebih dari 2.000 mil per jam. Dalam kasus ejeksi kecepatan tinggi, pilot akan terkena suhu setinggi 450 derajat Fahrenheit, sehingga ia harus dilindungi dengan baik untuk menghindari terbakar.
 
Demikian juga, jendela kokpit bisa mencapai 600 derajat dan tertutup kuarsa untuk melindungi pilot dari panas sementara masih memungkinkan dia untuk melihat dengan jelas melalui kaca.
 
7.  Teknologi Cockpit Tercanggih
Dalam sehari pesawat SR-71 membutuhkan biaya $ 33.000.000 per unit untuk dapat beroperasi. Karena pesawat memiliki banyak teknologi khusus yang harus diciptakan saat itu. Satu hal yang bisa digunakan adalah kontrol digital, tetapi ketika pertama kali diciptakan pada tahun 60-an, insinyur  bukannya mengisi kokpit dengan alat pengukur analog, tombol dan switch tapi dengan berbagai alat canggih.
 
Ada tantangan lain yang dihadapi insinyur, seperti bagaimana untuk menjaga pesawat dari terbakar pada suhu tinggi ekstrim. Bagian dari pesawat bisa mencapai 1.000 derajat di mach 3, sehingga seluruh pesawat dicat hitam (harga cat £ 60) untuk menjaga pendingin pesawat. Pesawat itu juga terbuat dari 85% titanium untuk membantu menahan panas yang ekstrim.
 
6. Membutuhkan Isi Ulang di Udara setelah lepas landas
Banyak panel pada SR-71 yang dibuat menjadi sangat longgar ketika pada suhu dingin. Karena itu, pesawat selalu membocorkan bahan bakar ketika di darat. Pesawat Ini akan diisi sebelum lepas landas, karena bocor di mana-mana dan kemudian perlu mengisi bahan bakar setelah pesawat memanas dan sel bahan bakar disegel dengan benar.
 
Mesin pesawat bisa membakar hingga £ 44.000 bahan bakar setiap jam, tetapi karena fenomena yang disebut “Ramjet efek,” SR-71 menjadi lebih efisien bahan bakar yang lebih cepat ketika terbang. Pesawat mengggunakan bahan baka jenis khusus yang tahan panas dan hanya digunakan untuk penerbangan ketinggian tinggi. Dikembangkan oleh CIA, bersama-sama dengan Angkatan Udara dan Shell, bahan bakar JP7 masih digunakan oleh jet tempur paling canggih di dunia.
5. Varian SR-71 Blackbird
Lockheed A-12 Blackbird merupakan pendahulu awal Sr-71 dan diikuti oleh YF-12, pesawat yang mengatur beberapa rekor kecepatan sebelum mulai digunakan oleh NASA. Selain YF-12 ada juga M-21 varian yang diluncurkan drone tak berawak Lockheed D-21.
 
Presiden Lyndon Johnson membuat pengumuman publik pertama dari SR-71 baru pada tanggal 25 Juli 1964. Dilaporkan bahwa pesawat itu awalnya seharusnya disebut RS-71, tapi nama itu berubah ketika presiden salah bicara selama pengumuman.
 
Selain SR-71A (model utama) ada juga ada SR-71B (varian pelatih) dan SR-71C (hibrida berumur pendek yang menggabungkan pesawat belakang dari YF-12 dan pesawat masa depan SR-71). Model ini jatuh selama penerbangan uji coba pada tahun 1966 dan kemudian ditinggalkan karena ketidakstabilan pada kecepatan tinggi.
 
4. Mesin Pesawat siluman SR-71 Blackbird yang Tangguh
Tampak seperti sesuatu yang Anda akan lihat melekat ras pod di Star Wars Episode 1, mesin kembar jet Blackbird Pratt & Whitney J58 masing-masing mampu menghasilkan £ 34.000 dorong, kira-kira setara dengan listrik yang dihasilkan oleh kapal laut.
 
3. Rekor Baru Sebelum Pensiun Pesawat SR-71

 
Sebelum pensiun pada tahun 1990, SR-71 terbang di seluruh Amerika Serikat dari pantai ke pantai selama 67 menit dan 47 detik. Itu hampir setengah waktu rekor sebelumnya.
 
Pada hari yang sama SR-71 juga mengatur catatan untuk ketinggian mutlak, naik ke mengejutkan 85,068.997 kaki di atas bumi.
 
2. Pesawat Pertama Diuji Pada Area 51
Untuk pesawat yang menjadi ikon Amerika yang diakui secara terbuka, itu adalah pesawat yang sangat rahasia. Pertama A-12 mengambil penerbangan pada tanggal 25 April 1962 di Groom Lake, Nevada, atau dikenal sebagai Area 51. pertama SR-71s juga diuji setelah dibawa dengan truk dari Burbank, California di mana mereka dibangun.
 
Sementara pesawat itu pensiun pada tahun 1989, karena program itu terlalu mahal, pesawat termahal ini akan sangat sulit untuk dipertahankan karena biaya perawatan dan lainnya.  Pesawat itu kembali ke layanan pada tahun 1995 dan Hari ini semua pesawat kecuali dua dari pesawat dapat dilihat di museum. Sisa dua diberikan kepada NASA.
 
1. SR-71 Blackbird Sangat Populer di Filem Holiwood
Ternyata pesawat super canggih dan menjadi pesawat tercanggih di dunia ini bukan saja terkenal mematikan di medan perang tapi juga sangat populer di berbagai filem holiwood. Sebut saja seperti X-Men Marvel menggunakan versi yang berbeda dalam ini karena Pesawat siluman SR-71 Blackbird telah dimodifikasi untuk membawa beberapa penumpang dan mampu lepas landas vertikal.
 
SR-71 juga memainkan peran dalam filem Decepticon dicuci-up Jetfire di Transformers 2: Revenge of the Fallen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar